Jumat, 28 September 2012

Si Anak Singkong

Biografi Chairul Tanjung, enterpreneur sukses Indonesia, pemilik Transcorp, Bank Mega, dan Carrefour.Pertama kali tahu buku ini lewat iklan di Trans TV, tivinya Chirul Tanjung sendiri.
Pas puasa tanggal 12 Agustus 2012, waktu nemenin jalan2 bini Runabangkong ke Jogja, nemu dah buku ini di sebelah taman pintar Jogja. Buku aslinya 45 rb, susah ditawar. Trus ditawarin yang pake kertas buram, kirain asli dari penerbitnya juga, ternyata fotokopian, harganya kena 20 rb. Yah sudahlah, yang penting kan isinya.



Keren perjuangan pak Chairul, ayahnya bisnismen juga tapi sering dicekal rezim orde baru gara2 idealisme ayahnya gak sejalan sama penguasa. Sejak kecil CT udah punya bakat bisnis, waktu SMP dia yang mengurus karya wisata smpnya walaupun dia ga ikut krn ga pny ongkos, dia nyante aja.
Belajar kehidupan dan kebijakan di sanggar teater waktu SMA. Waktu kuliah mulai bisnis dari cetak diktat kuliah, usaha fotokopi di bawah tangga fakultas, yang memotivasinya adalah ibunya yang menggadaikan kain halus untuk bayar masuk kuliah. Sejak itu CT bertekad untuk tidak minta uang kepada orangtuanya lagi.

Kuliah di kedokteran gigi, setelah lulus bisnis penyedia alat kesehatan gigi, trus bikin pabrik sepatu dengan modal rekanan. membesar2 hingga ditawarin beli bank Mega. Belum tau sama sekali dunia perbankan, terjang aja! cari orang2 yang tepat untuk mengelolanya, dan jalan, ketika krismon 1998 Bank Mega malah untung.
Ditawarin beli studio film, bukan bidangnya, terjang lagi! bikin film kecil2an hingga setelah reformasi ada kesempatan membuat stasiun tv, bikin , terjang! lahir trans tv. ditawarin tv7, beli, terjang, dan dibikin jadi trans7. Hingga tahun 2010 beli carrefour Indonesia, kepemilikan saham 40 persen.

Prinsip CT tidak terjun ke politik, karena politik itu jahat, pengalaman masa kuliah dulu, dia dikhianati politik. Pribadi CT supel ,mudah bergaul, fokus, all out, totalitas, detail, berani terjang! mantaffff
Indonesia bangga punya CT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar