Selasa, 08 Mei 2012




Pantai Nguyahan 
Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai nguyahan di sebelah pantai ngobaran, berbeda dengan Ngobaran, Nguyahan adalah pantai berpasir putih. Pantai Nguyahan menyerupai teluk kecil, sepanjang sekitar 200 meter. Dari pantai ngobaran, kita melalui jalan sedikit naik. Di jalan naik ini, di sebelah kiri, terdapat bukit karang tinggi yang dipncaknya terdapat semacam bangunan pura tetapi dipagari. Untuk naik ke puncak bukit, terdapat tangga semen yang memudahkan kita. Di atas bukit kita bisa melihat pantai Nguyahan berpasir putih. Penduduk menamainya dengan Nguyahan, disebut juga Ngoyan, atau Ngoyahan. Mungkin dari kata ‘uyah (garam)’ kali ya.


Di pinggir pantai terdapat beberapa bangunan pondok untuk bersantai, dan beberapa warung. Fasilitas lebih lengkap ada di Ngobaran. Jalan kaki dari Ngobaran hingga Nguyahan tidak sampai memakan waktu 15 menit, kurang dari itu. Setelah kita menanjak tiba-tiba disuguhi teluk kecil berpantai pasir putih yang jarang ada di pantai selatan.

Air pantai berwarna jernih. Yang sangat menarik, ombak di pantai ini pelan, seperti bukan di laut selatan yang berombak ganas. Ternyata, setelah bibir pantai, tidak langsung berhadapan dengan laut lepas, di depan bibir pantai menghampar karang batu yang luas, datar sepanjang puluhan meter dan baru menghantam laut lepas. Karang datar ini begitu luas dengan air laut setinggi mata kaki sehingga kita bisa bermain-main di sana tanpa ada ombak besar yang membahayakan. Terkadang masih sering ombak besar datang, tapi hanya sebatas paha orang dewasa.

Yang menarik pula, di batu karang yang datar menghampar tersebut terdapat pola-pola seperti ombak yang meliuk-liuk. Pahatan alam sang ombak kepada batu karaang, terlihat seperti ular yang memanjang sejajar dengan bibir pantai. Pola ini ada di sepanjang dataran karang. Di karang-karang ini kita bisa berburu bulu babi, bintang laut, dan anemon laut lainnya. Berburu untuk dilihat dan diamati tentunya. Tak menyangka sampai ketemu pantai seindah ini di gunung kidul, dan bikin kita makin bersyukur dan bangga dengan Indonesia.

6 komentar: