Minggu, 11 Desember 2011

Pantai Parangkusumo
Yogyakarta 
11 Sept. '11

Setelah puas muter2 Tamansari,lalu kita makan di kostan D.d yg merangkap warung, dgn ibu kos (dipanggil umi) keturunan arab yg pamer foto suaminy yg ganteng berkumis. Lanjut ke destination selanjutnya. Rencanany kita mw ke pantai selatan.

peringatan-g boleh berenang!

Dari arah kota Yogya, lurus ke arah selatan,. Pilihan kami adalah ke pantai Parangkusumo. Pantai ini terletak di antara pantai Parangtritis  yang terkenal sbg objek wisata dan pantai Depok yang terkenal dengan seafood segarnya. Ane sendiri pernah ke pantai Depok 2 kali, nyobain seafood. Di Depok kita bisa pilih aneka ikan, udang, lobster, cumi, kepiting yang dijual segar di pasar ikan, letaknya di sebelah kanan area parkir. Ikan2 yang dijual bener2 segar, masih ada yang gerak2 juga malahan. Dari situ kita bisa minta warung2 makan di pinggir pantai untuk memasaknya, bisa goreng, bakar, asam manis, dsb. Biasanya sih di pasar udah ada calo2 dari warung makan itu yang nawarin untuk dimasakin, jadi tinggal kasih ke ibu2 ato mbak2nya, kita tinggal nunggu di warungnya. Ikan2nya dijual per kilo antara 10-30rb tergantung jenisnya.

pantai parangkusumo


 Kembali ke parangkusumo. Begitu sampai di depan gerbang masuk pantai Parangtritis, ada jalan belok ke kanan, ke arah pantai Parangkusumo dan Pantai Depok, kami ambil jalan itu. Sampai di depan gerbang masuk Depok, belok kiri, arah Parangkusumo. Jalannya bagus, dari belokan kiri tadi kita lewat bukit-bukit pasir putih, sebelah kanan menghampar ke laut selatan, sebelah kiri bukit2 pasir putih menjulang dan menghampar. Bukitnya  keren euy, bukit pasir putih, diselingi semak2, ada yg lagi poto pre-wedding malah.

pantai parangkusumo

Sekitar 10 menit dari belokan tadi, nyampe di area pantai Parangkusumo. Pantai ini agak sepi, ngga seramai Parangtritis ato Depok. Di sini ada pelataran dan monumen, warung2 agak jauh dari pantai, ada masjid kecil juga. Yang berkesan adalah anginnya di sini kenceng banget. Pasir2 berhamburan, rambut2 kita terutama yg gondrong tersibak-sibak. Sebelum masuk area Parangkusumo kita beli bola plastik, rencanany mw maen bola dipantai. (entah kenapa ane jadi inget Karya Wisata ke Bali waktu smp dulu, kita beli bola plastik dan maen dimanapun, di hotel-sampe tamu lain kena bola kita, di Kute, kita maen juga- di depan restoran di pinggir pantai-dengn cuek, setelah itu kacamata ane ilang pas maen papan surfing dan ombak #memorimuncultiba2)

bola angin
Tapi ternyata di Parangkusumo anginy kenceng banget, kita nendang bola ke depan, akan berbalik langsung, kalo dibiarin bola terus menggelinding. Dan akhirny bola yg kita beli ilang, krn pas ditendang searah angin, ane g bisa nangkap, dan terus menggelinding, ane kejar g berhasil, kalah cepat, gile, anginy kenceng banget, padahl ane termasuk yg pede masalah kecepatan berlari.(waktu SD pernah lari 100m ditempuh 10 detik, tapi apa daya terlalu betah ngdekem di kmr kos).


Di sore itu kami nikmati sore pantai, jalan ke arah Parangtritis yg rame, maen ombak, poto2, liatin orang mancing pake jala di pinggir pantai. Ada juga orang2 yg semedi, bersila diam menghadp laut selatan. Sekitar pukul 5 an kita putuskan untuk balik, angin mulai dingin. Kesan ane Parangkusumo yang sepi, mistis, angin kencang, bola hilang, pasir berterbangan.


parangkusumo Jogja

Dari lokus otak: #pas beli bensin setelah kmpus Institut Kesenian, si driver E.A.M sadar, ternyata penutup tangki bensin mobil tidak ada? Kemana oh kemana, dengan ingatan sederhna kmi, ternyta pentup tngki ketinggalan di pom bensin di Boyolali, wkt beli bensin pertama kali. Akhrnya sementra tangki bensin ditutup pake plastik dan diikat karet gelang. Waktu pulang kita samperin pom bensin Boyolali ternyata masih ada, alhamdulillah.

masi ada sambunganny gan...

4 komentar:

  1. Dadi pengen ng parang kusumo ngrasaken angine.. Hmm..
    Jeneng2e disamarkan, ky penjahat wae wik..Haha..

    BalasHapus
  2. ahaha, ini demi melindungi orang2 yg terlibat sehingga tidak disalahgunakan(uopooo??)

    BalasHapus