Minggu, 13 April 2014

YOGYAKARTA - LANGGAR KH. AHMAD DAHLAN



    .... Tuhan aku berjalan
     .............Menyusuri malam
      .......................Setelah patah hatiku
  
       -Juli, 2012 - Yogyakarta-

Soundtrack Sheila on 7 bergema di kepala sembari menyusuri sorenya Malioboro. Dan lagi, Jogja kembali berkontribusi dalam pendamaian hati. Sudah lama sebenarnya, sekarang ane sudah kerja di Jakarta, tapi sepertinya sih barusan kemaren. Hanya waktu yang terlalu cepat melintas.

Tanggal lagu tersebut menggema di kepala sore itu sebenarnya tidak ada niatan untuk travelling ke Jogja. Tapi saat itu masa-masa cari kerja, test-test dan interview yang ane jalani, hampir tiap minggu antara Semarang- Jogjakarta, tapi sembari mencari pekerjaan, tak ada salahnya untuk meresapi Jogja sembari berdamai dengan diri.

Berangkat naik motor dari kota kecil Salatiga, ijin ortu untuk test di sebuah perusahaan, ane bahkan tidak memikirkan test apa atau di perusahaan apa, yang jelas langsung ke Malioboro Jogja, cari penginapan dulu, yang murah di gang gang Malioboro, akhirnya ane dapet yang 75 rb, seperti kamar kost-an. Habis itu mandi dan istirahat dulu.

Sebelum terlalu siang ane putuskan jalan-jalan untuk menemukan peninggalan sejarah ada di kampung Kauman, yakni Mushola KH. Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah. Motor ane tinggalin aja di penginapan, lebih asoy jalan kaki biar keringat bisa keluar sekalian kenangannya mungkin, (-__-").

Jalan pun dimulai, keluar ke jalan Sosrowidjayan, ke kanan ke arah keraton, seperti biasa Malioboro penuh wisatawan lokal maupun asing. Walau sudah keseringan ke sini ya tetep saja suasana Jogja beda lah pokoknya. Di satu sudut ada band yang perform pakai angklung, rame dikerumuni orang-orang yang nonton, keren juga mainnya, harus dijepret lah.


Banyak wisatawan yang menonton perform ini, bahkan sampai 2 lagu pun tak beranjak. Terutama wisman yang mungkin baru lihat alat musik bambu kita, angklung. Nice, ane pun setelah lihat 2 lagu, masukin dua ribuan ke kotak sebagai tanda apresiasi, melanjutkan perjalanan.


Sampai ke perempatan BNI ane belok kanan, karena sebelumnya ane sudah melakukan sedikir riset mengenai lokasi Mushola KH. Ahmad Dahlan ini. Dengan bantuan google.maps ane sudah menyiapkan rute jalan kaki ane. Bila dari arah malioboro di perempatan BNI kita ambil kanan ke Jl. KH. Ahmad Dahlan, tak jauh di sisi kiri jalan ada kampung Kauman. Benar juga, tak jauh, 100 meter dari perempatan BNI ane menemukan gerbang Kampung Iman, atau Kauman.



Setelah itu kita akan bertemu gang-gang khas pemukiman padat penduduk kota, tapi suasana di sini jauh dari pemukiman padat yang panas, bising, kumuh, apalagi membakar jiwa, justru kita bertemu dengan pemukiman tenang,bersih tertata, adem ayem kata orang Jawa. Iya lah, pemukimannya aja deket sama keraton Jogja ini.

Just enter Kauman Gate

Kampung Iman menjelang sore, Lampu bulat menyala


Tugu peringatan Syuhada,
ane kurang tau dalam perang apa, harus cari tau
 Setelah melawati jalan dalam gang Kauman, bertemulah  dengan penunjuk jalan ke arah Langgar KH Ahmad Dahlan. Langgar adalah bahasa jawa yang bisa diartikan sebagai mushola, dimana di tempat itu syiar agama mulai sholat, pengajian dsb dilakukan di tempat itu. Berbeda dengan masjid, Langgar skalanya lebih kecil dari masjid, misal dari jumlah jamaah maupun ibadahnya. Di Langgar, umat Islam tidak dapat menjalankan sholat Jumat, karena selain tidak ada mimbar juga jumlah jamaah yang ditampung tidak bisa sebanyak minimal 40 orang untuk sholat Jumat.



Perjalanan ke arah yang benar :)

Belok kanan, gang kecil,  its true way? hmm 

Ane ikutin itu petunjuk, masuk gang seukuran satu sepeda motor ini, dengan tembok dan jalan semen yang usianya seabad mungkin, lumutnya yang mengering karena panas siang, serasa melalui gerbang mistis tersendiri, suasana yang sepi, tentram, dan pertanyaan, kok ga ada wisatawan lain ya? ane sendirian atau orang emang jarang yang berniat ziarah ke sini mungkin. Di ujung gang belok kiri, ane ketemu dengan rombongan ibu-ibu yang habis pengajian nampaknya. Ibu-ibu yang mengenakan kerudung-kerudung putih menandakan adanya kehidupan di sini (habis dari tadi ga ketemu orang).

Melihat kesahajaan ibu-ibu pengajian di sore hari di Kauman Jogjakarta ini membuat sendu dalam arti yang tersendiri. Dengan sedikit cengar-cengir ane sapa para ibu tersebut, dan rombongan itu pun heran nampaknya, dengan kehadiran anak muda berkaos biru, celana jins, sendal gunung, tas selempang kulit dan kamera digital di tangan.

 "Cari apa mas?" celetuk salah seorang di antaranya.
 "Ini bu, saya pengen lihat Langgar KH Ahmad Dahlan" ane jawab.
"Oooohh". koor jamaah pengajian "di situ mas, udah deket. Kok sendirian mas?" tanya salah seorang lagi.
Ane (dalam hati) "Iya sendirian, soalnya dia udah ga bisa sama saya lagi bu".
(dalam hati lagi) "Salah ya bu sendirian? saya juga pengennya ga sendirian bu, tapi hati kan ga bisa dipaksa bu".
(dalam hati juga) "Aku rapopo" waktu itu belum populer sih jargon ini.
#ngookkk, yang bener
Ane, "iya bu, sendirian aja, ke arah situ ya bu, makasih ya bu"
Ibu2 zaman sekarang pertanyaannya  aneh2 deh , padahal ane orangnya ga sensitif (lho). Makanya ane langsung melipir wkwk.

Dan benar juga, belok kiri sedikit terlihatlah jeng jeeenngg:


Langgar KH Ahmad Dahlan

Subhanallah, ketemu juga. Langgar dua tingkat tempat KH Ahmad Dahlan mengajarkan ilmu kepada murid-muridnya. Saksi diam perjuangan beliau, langgar yang pernah dirobohkan oleh musuh politiknya yang tidak suka karena ajaran beliau. Sampai sekarang Langgar masih berdiri dengan bangunan semen, bila dulunya adalah dari kayu. Bentuknya mirip yang digambarkan dalam film Sang Pencerah. Sejenak ane meresapi tampilan bangunan ini setelah ane ambil fotonya,dalam sore sepi menghanyutkan di kawasan kampung Iman ini.

Bangunan tersebut terdiri dari dua laintai, lantai pertama difungsikan sekarang ini sebagai tempat belajar (TPA) sepertinya, yang di atas adalah tempat ibadah. Berikut penampakannya gan,

Tempat wudhu dan tangga

lantai 2 , ruang Sholat

lantai 2 bilik Imam
tangga

lantai 2, plafon Gedeg (anyaman bambu)



Sayang ane tidak dapat mengakses ke lantai 1, barangkali ada buku atau foto atau apapun yang merekam perjalan hidup beliau memperjuangkan apa yang beliau yakini saat itu. Karena saat ane di situ ane tidak bertemu siapapun, seseorang pun, memang waktu itu sore hari yang banyak orang melewatkan waktu di rumah bersama orang-orang yang mereka sayangi. Bukan ane yang malah nglayapan sendirian :p

Waktu semakin sore, sebentar saja ane menyesapi spirit KH Ahmad Dahlan yang kiranya menginspirasi beliau kala itu. Ane lanjut menyusuri gang-gang Kauman itu, menurut peta google, kompleks kauman berdekatan dengan masjid Agung keraton, pakai insting aja ane ambil arah cari-cari jalan dan alhamdulillah memang benar adanya. Ane ketemu lewat gang belakang masjid.


gerbang belakang

Masjid tampak belakang

sore-sore tampak depan
Sore pun menjelang,ane pun harus berhenti sejenak untuk pergantian hari itu. Capek juga jalan sebenernya haha.

Setelah melewati pergantian masa, ane menuju ke alun-alun selatan saja untuk menemani malam ah. Lanjut, dari masjid kan depannya langsung alun2 utara, nyebrang, lewat plengkung wijilan, lewat depan gudeg wijilan yang langganan ibu ane dulu pas sekolah (ibu ane sekolahnya di komplek Kauman Jogja). Dan langsung menuju alun-alun Kidul (selatan) keraton Jogjakarta.




       
  

Malam itu, alun - alun selatan memang tidak ramai, karena bukan weekend atau hari libur, cenderung sepi, jadi ane sebentar saja di sana. Sebenarnya ingin cari kuliner di alun-alun selatan tapi entah kenapa tidak ada hasrat. Ane putuskan untuk balik aja ke penginapan, melewati malam malioboro. Karena lapar, ane cari angkringan di jalan menuju penginapan, menemukan satu, yang nasinya tinggal sedikit, laku sepertinya. Dua nasi, beberapa gorengan, sate usus, teh manis panas, srrupuut ahh.. menutup perjalanan.

Test besok? ya bagaimana besok.


Sedang mengumpulkan semangat, 
banyak yang belum ditulis, 
setelah hampir 2 tahun, 
Jakarta, 13 April 20114
@dwi_choeystone

4 komentar:

  1. jogja (y) memang selalu istimewa,
    golek cewek sing koyo jogja wik selalu bikin kangen,
    yen ketemu selalu bisa menentramkan hati :p

    btw ngakak aku pas: "Iya sendirian, soalnya dia udah ga bisa sama saya lagi bu",
    sing sabar yo le :3

    BalasHapus
  2. istimewaa masbroo, butuh pencarian panjang nek ngono... tapi pasti ono ^^9

    udah lama berlalu kok lik :D

    BalasHapus
  3. salatiganya mana mas?
    aku asli dari Suruh :)

    BalasHapus
  4. @nur iskandar : kalibening mas.. sampeyan suruh pundi?

    BalasHapus