Jumat, 22 Juni 2012

MERAPI

rencananya naik 4 orang, menyusut jadi 2 orang, tapi show must go on mamen..

16 Mei berangkat dari Salatiga, berboncengan.. setelah Ampel belok kiri lewat arah Makan Prof. Soeharso, lewat Cepogo, nyampe Selo. jalan naik menuju Selo sempit dan berkelok2 kayak  ular.

Sempat kelewatan nyampe New Selo waktu nyari basecamp, setelah ketemu basecampnya, kita turun dulu, nyari makan di pasar selo. makan soto anget ala Selo. rasanya kayak soto daging sapi,

setelah daftar, jam 14.30 tapi g dapet karcis, kita mulai jalan. trek langsung naik, berat, nyampe New Selo istirahat bentar foto2. lwat samping kiri New Selo, melewati ladang penduduk, jalan setapak trek curam. sangat menguras tenaga, kalau ini lintasan pacuan kuda, maka disebut lintasan penghancur jantung. g ada bonus-bonusnya...

New Selo,warung dan gardu pandang, Merbabu di seberang
selewat ladang-ladang, kita melalui hutan sedikit, habis itu langsung trek terjal menyusuri punggungan bukit, dengan jurang di kiri dan kanan jalur. jalurnya seperti udah jalur puncak-puncak gunung. terjal, berbatu, vegetasi pohon kecil, bercabang banyak.

kita jalan terus sesekali istirahat, tanpa tahu sudah nyampe pos berapa. jalur merapi ini pos-pos pemberhentian, terutama pos I dan Pos II tidak jelas. katanya hilang dan rusak termasuk jalurnya setelah erupsi tahun 2010. selain itu, banyak sekali jalur penduduk yang bikin bingung, tanpa penunjuk arah yang jelas.

tapi setelah pos II (kira2) jalur cuma satu, menanjak menyusuri punggungan gunung, dengan jurang kiri kanan, ga ada jalan lain,. setelah pos II menuju pos III (watu gajah: batu besar bentuknya mirip gajah) jalanan terjal, hanya tanjakan dan batu-batu besar dan kecil.  ini to trek gunung berapi.

Merbabu di seberang
 jalanan terus naik, batu dan pasir yang labil jika diinjak, tanpa pepohonan atau vegettasi yang menahan angin, jalur ini memang rawan, rawan terpeleset terus masuk sampe ke jurang atau kedinginan kena angin tanpa pengahalang.

terus naik dan menguras tenaga hingga ke pos IV pasar Bubrah yang katanya merupakan pasar tempat transaksi makhluk halus. g tau transaksi apa, mungkin transaksi gadget terbaru untuk nakutin manusia, seperti model rambut baru mbak kunthi ato, cara iket pocong ala K-pop, ato apalah :p

di pasar Bubrah, kita nyari lokasi terlindung angin dibalik batu besar. waktu menunjukkan Magrib, segera dirikan tenda. kesalahan saya waktu udah dingin ga segera pakai jaket , akhirnya malah meriang. setelah bikin susu jahe dan makan mie, ternyata malah saya muntah. yaah, badan drop deh.

Puncak dari Pos II

rencanya malam kita maen ke tenda bule Polandia sama guidenya yang tadi barengan naik ketemu di pos I, tapi karena dingin dan meriang, g jadi. langsung tidur sampai dini hari. waktu dini hari tubuh berasa belum fit, maka saya bilang ke rekan seperjalanan bhwa saya  g bisa mencapai summit dan ketemu sunrise. akhirnya dia memutuskan untuk naik sendiri, bareng pendaki lain jam setegah 5 pagi.

langit ala Indonesia
saya memutuskan tidur memulihkan badan untuk tenaga pulang, kalo g kuat pulang gaswat gan,,

jam 08 temen saya datang dari puncak, saya masih leyeh-leyeh. setelah sarapan energen dan minum susu, segera kita berkemas, beresin tenda dan packing. temen saya tadi muncak bareng masbro dari Surabaya, sama mereka saya minta kali aja punya minuman penambah energi,, dan dikasih Okk* Jell* Dr*nk dan nutrisari,, segar,,,,

dan kita pun turun gunung dalam diam, sekitar 3,5 jam kita sampai di basecamp, tidur sebentar, dan pulang ke kota asal Salatiga tercinta....

Merapi,, I promise someday i'll be on your summit.....